Minggu, 28 Oktober 2012

SUMPAH ANAK BANGSA


Hari ini 28 Oktober, 84 th yg lalu para pemuda (termasuk di dalamnya Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda Tiong Hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie) yg bertempat di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106 lahirlah sebuah `Poetoesan Congres` yang sekarang lebih dikenal dengan kata `Sumpah Pemuda.`

Di hari ini pula 28 Oktober, 84 th yg lalu para pemuda bersumpah bahwa:
1. Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. 

2.  Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. 
3. Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkanlah lagu Kebangsaan kita Indonesia Raya untuk yang pertama kali (buah cipta W.R. Soepratman). Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan. Lagu itu sempat dilarang oleh pemerintah kolonial hindia belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.

Kepada seluruh Pemuda yang ada di Indonesia, jagalah terus Sumpah ini !!! Tanamkan dalam Sanubarimu, biarkan berkobar dalam hatimu, nyalakan NASIONALISMEmu, jauhkan SARA, tinggalkan adu domba, kokohkan pondasinya, aplikasikan dalam kehidupan. Bahkan jikalau perlu, bela sang saka MERAH PUTIH dengan DARAH dan AIR MATA agar keutuhan NKRI tetap terjaga.

DIRGAHAYU SUMPAH PEMUDA ke 84 th. JAYALAH SELALU INDONESIAKU !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar